Brownies

Brownies merupakan kue khas Amerika yang pertama kali di kenal pada tahun 1897. Seorang koki di Amerika yang sedang membuat cake coklat lupa memasukkan Baking Powder sehingga terciptalah cake bantat yang tidak mengembang namun lezat rasanya, kegagalan membuat cake coklat ini justru menciptakan jenis cake baru yang menjadi terkenal hingga sekarang. Resep Brownies pertama diterbitkan tahun 1897 dalam Sears, Roebuck catalogue.

photo

Nama brownies sendiri diambil karena dominannya warna coklat pekat (brown) dari cake tersebut, ditambah lagi karena bahan bakunya juga terdiri dari aneka coklat seperti dark chocolate, coklat pasta & coklat bubuk.

Dalam perkembangannya banyak sekali brownies dengan aneka kreasi dan rasa yang variatif, penampilannyapun lebih cantik dan mengundang selera walaupun tidak meninggalkan ciri khas asli brownies yang kaya akan rasa coklatnya, baik dengan menambah topping diatasnya seperti krim keju, Chocolate ganache, marshmallow, chocolate chip atau taburan aneka jenis kacang-kacangan.

Di Indonesia sendiri yang pertama kali populer adalah Brownies panggang yang dimasak dengan oven sesuai resep aslinya, namun beberapa tahun terakhir muncul jenis Brownies baru yang sangat popular yaitu Brownies kukus dengan tekstur yang lebih lembut. Mereka yang kreatif telah menciptakan aneka rasa Brownies kukus, mulai dari warnanya yang tidak hanya coklat tetapi hijau dan kekuning-kuningan maupun bentuk yang tidak hanya kotak tetapi seperti cake roll.

Sumber: http://browniesanekatopping.blogspot.com/2012/06/sejarah-brownies.html


Leave a comment